Jenis jenis lengkeng Unggulan

Jenis - jenis kelengkeng unggulan - Mungkin sebagian dari Sahabat mengetahui jenis lengkeng hanya lengkeng bangkok atau lengkeng yang biasa dijual di Supermarket atau Swalayan padahal ada banyak jenisnya dan dengan ciri dan keunggulan masing masing.


1. Lengkeng Ping Pong

Ciri pohon Lengkeng Ping pong antara lain :
  • Tajuk dan daunnya yang unik dengan bentuk daun yang memanjang dan jika ditanam di pot daunnya menjadi merunduk ke bawah ke berbagai arah. 
  • Daunnya berbentuk oval dengan lebar 4 cm dan panjangnya 10-11 cm. Pada bagian tepi daunnya melengkung dan batangnya menggelincir. 
  • Buahnya berukuran sebesar bola pimpong, memiliki biji besar, beraroma segar dan memiliki kulit buah yang tipis
  • Pohon jenis ini baru bisa berbuah setelah umur 9-12 bulan jika bibit tersebut berasal dari cangkokan/Okulasi.  

 

2 Lengkeng Diamond River

Kelengkeng jenis Diamond river ini cenderung memiliki tajuk daun yang rimbun melebar ke samping dengan percabangan yang cukup  banyak atau genjah.

Ciri lainya yang mudah di kenali  adalah
  • Percabangan yang cukup banyak, cocok bila ditanam di POT.
  • Daunnya berwarna hijau cerah, lebar, dan ciri yang paling dominan adalah tepi an daun sedikit bergelombang
  • buah varietas Diamon river cenderung berair, jangan heran kalau kita habis menikmati buah kelengkeng di tangan agak lengket  



3. Lengkeng Puang Ray

Dimocarpus longan Puang Ray. Longan/Dragon Eyes (Eng.). Berasal dari Thailand dan adaptif dataran rendah. Jumlah buah lebih lebat daripada 'Pingpong', berdaging tebal, dan berbiji kecil. Daging buah tidak berair seperti varietas 'Diamond River'. Satu lagi kelebihan 'Puang Rai’ pada umur setahun pascasambung sudah dapat berbuah. Sifat genjah itu didukung dengan frekuensi berbuah yang tinggi meski tanpa perlakuan khusus

Jenis lengkeng satu ini di percaya membawa keunggulan lengkeng Diamond River dan lengkeng Pingpong dalam satu buah.Kelebihan lain daging buahnya cenderung lebih kering dan biji buahnya kecil.



4. Lengkeng Kristalin

 Lengkeng ini di namain Kristalin karena daging buahnya bening sehingga biji buahnya cenderung kelihatan.Rasa dan aromanya sangat menawan, dan bila berbuah keistimewaan lengkeng ini semua pucuk berbuah dengan serentak.


Jenis ini merupakan jenis kelengkeng modern, artinya dalam satu pohon ini sudah terdapat bunga jantan dan bunga betina. Jadi dengan hanya menanam satu pohon saja sudah bisa dipastikan dapat berbuah.

5. Lengkeng Aroma Durian

Daging buah dari " mata naga " ini terasa ada paduan rasa, antara khas lengkeng dengan durian setengah matang ( mengkel - red bhs Jawa ), begitu juga di aroma buahnya.Jenis aroma durian ini di percaya ada pertalian dengan Varietas pingpong.Pada kondisi tanaman normal, besar buahnya hampir sebesar buah dari lengkeng pingpong.Jenis lengkeng ini percabangannya banyak sehingga untuk membuat rimbun pada jenis aroma durian ini sangat mudah.


6. Lengkeng Itoh

Saat ini sudah ada kelengkeng jenis itoh yang merupakan perpaduan antara kelengkeng diamond river dengan kelengkeng dari thailand. Untuk jenis kelengkeng yang ini dapat beradaptasi dengan baik ketika ditanam di dataran rendah Indonesia. tetapi tetap saja untuk menghasilkan buah harus dirangsang dengan aplikasi pupuk / pemberian hormon tambahan.
Berikut ini keistimewaan dari kelengkeng jenis itoh :
- buahnya mempunyai rasa yang sangat manis
- daging buahnya tebal, tidak berair dan mempunyai biji yang kecil
- dapat di buahkan di bulan apapun dengan menggunakan obat perangsang buah
- meski memerlukan waktu 2-3 tahun untuk dapat berbuah, tetapi saat panen buahnya melimpah.


Demikian beberapa jenis lengkeng yang bisa menjadi rujukan atau pilihan buat sahabat yang ingin menanam kelengkeng semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Jenis jenis lengkeng Unggulan"


  1. RAHASIA MENHASILKAN UANG MELIMPAH RATUSAN RIBUH HINGGA JUTAAN RUPIAH INTERNET SEKEDAR INFO BAGI ANDA YANG PERCAYA.!! MUDA"HAN DENGAN ADANYA PESAN SINGKAT INI SEMUA BISA MERUBAH NASIB SEPERTI SAYA SEKELUARGA, MENDAPATKAN DANA GAIB 700 JUTA ALHAMDULILLAH SAYA PAKAI NAIK HAJI DAN KAMI PAKAI USAHA ITULAH KISAH SAYA UANG GAIB, PELARIS, ILMU PELET DLL SILAHKAN MINTA BANTUAN KEPADA AKI MANGKUBONO HANYA BELIAULAH YANG PERNAH MEMBANTU KELUARGA SAYA TERLEPAS DARI HUTANG PIUTANG.. SAYA SANGAT BERTERIMA KASIH ATAS BANTUN ABAH MELALUI PENARIKAN UANG GAIB SEBESAR 700 JUTA SEANDAINYA GAK ADA BANTUAN BELIAU GAK TAHU NASIB KELUARGA SAYA GIMANA.. SAYA YANG DULUHNYA BUKAN SIAPA" BAHKAN SAYA JUGA SELALU DIHINAH ORANG" SEKITAR ALHAMDULLILAH SEKARANG SAYA SUDAH BANGUN RUMAH DAN USAHA SENDIRI BERKAT BANTUAN ATAU KILK DISIINI
    AKI MANGKUBONO.. JIKA ANDA BUTUH BANTUAN BELIAU INI NOMER PRIBADINYA 0852 0333 3887 AKI MANGKUBONO TIDAK MELAYANI SMS.. MUDA"HAN BELIAU MAU MEMBANTU ANDA SEPERTI SAYA... TERIMA KASIH

    BalasHapus